SMA NEGERI 3 KOTABUMI-LAMPUNG

SMA NEGERI 3 KOTABUMI-LAMPUNG
Wish You All The Best

Senin, 12 Januari 2015

soal UAS Psikolinguistik




KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
=====================================
UJIAN  AKHIR SEMESTER GANJIL 2014/2015
Mata Kuliah                      : Psikolinguistik
Kopel                                 : BHS812101
Prodi                                  : Bahasa Indonesia S-2
Dosen                                : Dr. Siti Samhati, M.Pd.
                                              Dr. Wini Tarmini, M.Hum.
Metode Ujian                    : Take Home Exam

Petunjuk

Jawablah seluruh soal berikut ini secara sistematis dan komprehensif. Pengayaan bacaan pendukung di luar buku-buku yang diwajibkan akan dihargai.  Dalam mengerjakan soal terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi: (1) Tuliskan identitas dengan jelas; (2) Setiap jawaban soal dikerjakan dengan menuliskan kembali soal yang akan dijawab; (3) Apabila Anda mengutip pendapat  orang lain  (dari buku, jurnal dll.) secara langsung atau pun tidak langsung, sebutkan sumbernya dengan menggunakan model penulisan kutipan baku (misalnya model APA: nama belakang pengarang, tahun terbit, dan halaman). (4) Jawaban diketik di atas kertas A4, spasi 1,5 dengan menggunakan huruf tipe “arial” atau “times new  roman” besar huruf 12 font; (5) Panjang jawaban untuk setiap soal berkisar antara 2 sampai dengan 5 halaman; (6) Penulisan sumber rujukan/referensi sumber bacaan yang dirujuk secara langsung  atau tidak langsung diletakkan di bagian akhir dari jawaban soal yang Anda kerjakan.
Kertas jawaban dikumpulkan semua dan setelah lengkap dapat diserahkan ke sekretariat Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unila di gedung E atau dengan pak Paliman. Tugas dikumpul paling lambat Rabu, 14 Januari 2015 pukul 15.00. Foto Kopi daftar hadir satu semester mohon dikirimkan.


Soal:

1.    Salah satu  akibat adanya sentuhan dengan disiplin ilmu lain,  Psikolinguistik  dapat berkembang dengan pesat. Kenyataan ini berdampak pada munculnya sub-subdisiplin dalam Psikolinguistik. Jelaskan sub-subdisiplin dalam Psikolinguistik dan kaitkan jawaban Saudara dengan sejarah perkembangan Psikolinguistik.
Skor 4

2.    Berbahasa merupakan penyampaian pikiran atau perasaan seseorang dalam kehidupan budayanya. Berbahasa, berpikir, dan berbudaya merupakan tiga hal yang saling berkaitan dalam kehidupan manusia. Dalam kajian Psikolinguistik, sejumlah pakar mengemukakan pendapatnya mengenai keterkaitan antara ketiganya. Bahkan ada kontroversial di antara pakar tersebut. Bagaimanakah pemikiran, pendapat, atau teori, dari  berbagai pakar mengenai keterkaitan ketiga hal tersebut? Berikan komentar atau konklusi Saudara  mengenai hal ini.
Skor 3

3.    Menurut kognitivisme, manusia memiliki piranti pemerolehan bahasa yang bernama Language Acquisition Device (LAD).  Jelaskan peran LAD dalam proses pemerolehan bahasa pertama.
Skor 2

4.    Bagaimanakah hubungan antara bahasa pertama (B1) dan bahasa kedua (B2) dalam proses pemerolehan B2. Berikan contohnya.
Skor 2

5.    Kegiatan mempersepsi ujaran merupakan hal yang kompleks. Kekomplekasannya tampak dari proses yang dilalui pendengar pada saat berusaha memahami maksud pembicara. Bagaimanakah proses mempersepsi bunyi ujaran?, Model-model teoretis apakah yang dapat menerangkan bagaimana proses persepsi itu terjadi? Strategi sintaktik dan strategi semantik apa sajakah yang dapat membantu kita memahami suatu ujaran? Penjelasan Saudara dilengkapi dengan contoh.
  Skor 4


Selamat bekerja

1 komentar: